Tugas 2 Softkill Semester 5
Nama : HadyNpm : 49210031
Kelas : 3DA03
Di tugas kedua softkill sistem informasi manajemen saya ini mengenai artikel, Bagaimana CBIS memperbaiki kualitas produk dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif.
PENDAHULUAN
CBIS (Computer Based Information System) dapat memberikan dukungan terhadap Total Quality Managemen (TQM) yang diterapkan perusahaan. CBIS dapat memberikan dukungan terhadap Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Manjemen, Decision Support System, Sistem Otomatisasi Kantor, maupun sistem pakar.
PEMBAHASAN
Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi
Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah
informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu
pengambilan keputusan.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.
Bagaimana CBIS Memperbaiki Kulitas Produk/ Jasa Agar Perusahaan Dapat Mencapai Keunggulan Kompetitif
Keunggulan kompetitif di dalam perusahaan dapat
dicapai melalui banyak cara. Seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang
murah, mutu yang lebih baik dari pesaing dan memenuhi kebutuhan suatu
segmen pasar tertentu. Untuk lebih unggul dari pesaing tidak sepenuhnya hanya menggunakan sumber daya fisik tapinjuga sumber daya konsepsual
seperti data dan informasi.
Usaha awal perusahaan menggunakan informasi
sebagai suatu cara mencapai keunggulan
kompetitif dimulai dengan
membuat hubungan komputer dengan para pelanggan. Electronic Data Interchange
(EDI) bagi perusahaan-perusahaan untuk berkumpul membentuk system antar organisasi (interorganizational
systems), atau IOS. EDI dapat menangani transmisi elektronik kepada dan
dari pelanggan, pemasok, pemerintah dan masyarakat keuangan. Arus informasi dengan elemen lingkungan yang lain sukar dilakukan secara
elektronik, dan mungkin menggunakan
hubungan non-komputer. Pandangan yang
mutakhir mengenai keunggulan kompetitif menyadari pentingnya arus informasi antara semua elemen
lingkungan.
Cara CBIS memperbaiki kualitas produk
dan jasa agar perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif yaitu
dengan adanya informasi, sumber daya informasi mencakup:
- perangkat keras { fasilitas }
- perangkat lunak { database }
- spesialis informasi { informasi }
- dan pemakai.
Sumber daya yang ditempatkan dalam jasa informasi dikelola oleh CIO. Konsep
CIO mengakui manajer jasa informasi
sebagai seorang eksekutif.
Usaha awal mengembangkan suatu
rencana strategis untuk jasa informasi disebut transformasi
kumpulan strategi (strategy set transformation). Walau metodologi ini
masih dipraktekkan, tak ada jaminan bahwa sumber daya informasi yang
dibutuhkan tersedia. Masalah ini dapat dipecahkan dengan mengembangkan
rencana-rencana strategis untuk perusahaan dan jasa informasi secara bersamaan. Pendekatan
ini dinamakan perencanaan strategis
sumber daya informasi (Strategis Planning for Information Resources
/
SPIR). Hasil dari SPIR adalah suatu rencana yang mengidentifikasi
kebutuhan sumber daya informasi bagi tiap subsistem CBIS untuk periode
yang tercakup dalam jangka waktu perencanaan strategis.Dalam beberapa hal, tiap subsistem dari CBIS menyerupai suatu organisme
hidup-lahir, bertumbuh, menjadi matang, berfungsi dan akhirnya mati. Proses
evolusioner ini disebut siklus
kehidupan sistem dan terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut :
- Perencanaan
- Analisis
- Rancangan
- Penerapan
- Penggunaan
KESIMPULAN
Peningkatan
kualitas harus dilakukan oleh setiap perusahaan dan harus menjadi salah satu
strategi dalam memenangkan persaingan. Seiring
berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur
para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajemen mengendalikan
CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan
dukungan yang diharapkan. Saat manajer memilih untuk memanfaatkan
dukungan para spesialis informasi, kedua pihak bekerja sama untuk
mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi
solusi alternatif, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan
perangkat lunak yang sesuai, menciptakan database, dan menjaga kemutakhiran
sistem. Semua kegiatan tersebut akan dapat dilakukan dalam waktu
relative singkat apabila perusahaan telah menggunakan sistem informasi berbasis komputer.
Referensi :
- http://murtaqicomunity.wordpress.com/2009/11/03/peran-informasi-dalam-kualitas-produk-
dan-jasa/
- http://asep-saepudin.blogspot.com/2007/10/cbis-sistem-informasi-berbasis-komputer.html
- http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Saliman,%20Drs.%20M.Pd./CBIS.pdfv
No comments:
Post a Comment